Panduan-Copywriting-5 (Teknik-teknik Rahasia Copywriting)

Bab 5

Dalam bab ini saya akan paparkan beberapa teknik rahasia dalam ilmu copywriting. Bersiaplah untuk jadi yang pertama mengetahui teknik ini.

3 Tekni Rahasia Menulis yang Menjual

Berikut akan dijelaskan 3 teknik menulis yang menjual beserta penjelasannya.

3 Aturan Dasar dalam Menjual

Agar anda dapat memahami dengan mudah teknik menulis yang bisa MEMPENGARUHI, Anda perlu mengerti terlebih dahulu psikologi orang membeli. 

Karena itu Anda harus memahami tiga aturan dasar dalam menjual berikut ini.

1. Orang tidak suka dipaksa membeli produk

Ketika berbelanja, orang-orang tidak suka dipaksa membeli suatu produk. 

Para sales yang sukses tidak akan membuat calon pembelinya merasa dipaksa untuk membeli produk.

Sales yang sukses akan membuat calon pembelinya merasa nyaman dan akan memberikan tambahan dan kuntungan ketika calon pembeli tersebut ingin membeli produknya. 

2. Alasan pertama orang membeli produk itu karena alasan emosional, bukan rasional

Sering kali orang-orang membeli jam tangan apple bukan karena mereka ingin selalu tepat waktu dalam menjalani kegiatan sehari-hari. 

Mereka membeli jam tangan apple untuk menunjukkan pada dunia betapa sukses kehidupan mereka karena bisa membeli jam tangan keren yang harganya selangit. 

Membeli jam tangan itu menunjukkan kebanggaan mereka. 

Keinginan untuk tampak lebih sukses dan bahagia dihadapan orang lain bisa dijadikan peluang besar untuk menjual produk sebanyak-banyaknya.

Selain itu, sering kali orang-orang membeli motor atau mobil baru bukan karena mereka membutuhkan, akan tetapi karena melihat orang lain membeli motor atau mobil terlebih dahulu, sehingga mereka merasa iri.

Karena itu, untuk membuat tulisan yang menjual, Anda harus menulis tulisan yang bisa merangsang minat perasaan dan keinginan prospek atau calon pelanggan. Dengan kata lain, Anda harus menulis dengan orientasi perasaan terlebih dulu, bukan pikiran mereka.

3. Setelah memiliki keinginan membeli, orang biasanya perlu mencocokkan alasan emosionalnya dengan logikanya

Setelah orang memutuskan ingin membeli sebuah produk, mereka biasanya akan mencari pembenaran atas alasan yang tak masuk akal (emosional) dari alasan masuk akal (logika). 

Mereka perlu membenarkan keputusannya untuk membeli suatu produk dengan pikirannya. Hal ini penting bagi prospek untuk bisa memberi alasan kepada diri mereka sendiri (dan orang lain) bahwa mereka telah membeli produk yang benar.

Karena itu, langkah terakhir untuk menulis yang menjual adalah yakinkan secara logika bahwa semua fitur dan keuntungan produk yang Anda pasarkan dapat diterima oleh pikiran mereka. 


Gunakan 3 Teknik Rahasia Pemicu Orang Membeli

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, untuk membuat orang mau membeli produk, Anda harus memahami psikologi orang membeli. Setelah Anda mengerti tiga aturan dalam menjual di atas, maka kini saatnya Anda mengetahui 3 teknik rahasia pemicu orang membeli.

1. Tawarkan manfaat ganda

Seorang copywriter harus mengerti bahwa orang tidak semata-mata membeli produk, tapi mereka membeli manfaat.

Orang tidak semata-mata membeli lemari es, tapi mereka ingin makanan mereka tidak cepat basi atau sayuran mereka tetap segar.

Orang membeli sehat, bukan obat.

Orang membeli badan wangi, bukan parfum.

Karena itu banyak sekali copywriting yang menuliskan manfaat, bukan produk.

“Ingin diabetes Anda sembuh dalam satu bulan?”

Copy di atas sudah bagus, tapi bagaimana jika Anda menawari prospek 2 manfaat sekaligus?

“Ingin diabetes Anda sembuh dalam satu bulan, plus konsultasi kesehatan gratis dengan dokter ahli?”

2. Ingatkan tentang konsekuensi yang ditangung

Sebuah tulisan copywriting akan dapat memicu minat prospek, jika menyebutkan konsekuensi atau akibat yang ditanggung. 

"Apakah Anda yakin obat kimia tidak akan menimbulkan efek samping? Beralihlah sekarang juga ke obat herbal..."

Contoh lain iklan prosuk penyaringan minuman:

"Apakah Anda Yakin Air Yang Anda Minum Bebas Kuman ?"

Tapi bagaiman jika Anda meningkatkan derajad konsekuensi atau akibatnya?

Ayah dan ibu mungkin dapat mengabaikan konsekuensi atau akibat semacam itu.

Tapi jika itu menyangkut buah hati mereka? apa yang akan mereka lakukan?

Karena itu tulisan itu dapat diubah menjadi...

"Apakah Anda Yakin Air Minum Anak Anda Bebas Kuman ?"

3. Ciptakan urgensi

Jika prospek menunda melakukan apa yang Anda inginkan setelah membaca tulisan iklan Anda, maka kecil kemungkinan ia akan kembali.

Karena itu jangan biarkan mereka menunda.

Ciptakan urgensi ketika menawarkan produk, seperti memberikan diskon berbatas waktu, atau pernyataan harga akan naik di hari tertentu, atau pemberian bonus/hadiah untuk 10 pembeli pertama.

Contohnya seperti ini...

“Miliki segera mobil ... dan dapatkan hadiah Smartphone ... untuk pembelian sebelum tanggal...”


4 Teknik Rahasia Menulis yang MEMPENGARUHI

1. Tekankan pada keuntungan dibanding fitur yang ada dalam suatu produk

Menuliskan daftar fitur yang ada dalam suatu produk tidak akan membangkitkan minat calon pembeli. Fitur itu tepat jika ditulis untuk menunjukkan barang apa saja yang didapat ketika sebuah produk dibeli. Sementara menerangkan keuntungan-keuntungan atau manfaat yang didapat jika membeli produk akan lebih membuat orang terpengaruh untuk membeli.

Kita ambil contoh perusahaan penyedia layanan internet.

Karena sekarang sedang marak iklan internet 4G LTE dengan kecepatan internet hingga 50 Mbps. Mari kita ambil contoh iklan tersebut. 

“Dapatkan layanan internet dengan kecepatan download 50 Mbps...” 

Apa yang salah dari tulisan iklan di atas?

Benar! Tak ada keuntungan yang ditawarkan...

Masalahnya tidak semua orang mengerti perbedaan antara layanan internet dengan kecepatan 50 Mbps dan 15 Mbps. 

Apakah perbedaannya mencolok? Apakah perlu mengeluarkan uang lebih untuk layanan internet yang sama-sama cepat?

Mungkin bagi segelintir orang iklan itu akan bekerja dengan baik. Tapi bagi banyak orang hal itu saja tidak akan cukup. 

Orang-orang membutuhkan produk yang akan membantu menyelesaikan masalah mereka. Orang-orang membutuhkan internet yang dapat digunakan menonton video Youtube atau streming TV tanpa buffering, atau membuka setiap laman dalam 3 detik.

Lalu apa yang perlu ditekankan?

Sekali lagi!

Keuntungan!

Jika iklan itu dapat meyakinkan bahwa semua kuntungan itu akan didapatkan pelanggan jika mereka membeli produk layanan internet tersebut, maka itulah yang dapat MEMPENGARUHI.

Contohnya seperti ini...

“Tonton video kesayangan Anda tanpa perlu kawatir buffering, dengan....”

Karena itu, ketika menulis copy atau iklan pastikan untuk menekankan keuntungan produk dulu. Selanjutnya menjelaskan fitur-fitur sebuah produk atau layanan. 


2. Jelaskan sespesifik mungkin

Untuk menarik perhatian calon pembeli atau pelanggan, sebuah iklan yang menjual harus menjelaskan keuntungan produk serinci mungkin. Jangan menyebutkan klaim-klaim yang umum. 

Contohnya seperti ini...

“Ingin diabetes Anda sembuh dalam waktu singkat?”

Copy di atas belum cukup...

Orang tidak suka menanggung sakit yang berkepanjangan. 

Karena itu... 

Tulis serinci mungkin...

“Ingin diabetes Anda sembuh dalam satu bulan?”

3. Perhatikan emosi calon pembeli

Materi ini telah dijelaskan sebelumnya.

4. Cantumkan testimoni pelanggan

Mencantumkan testimoni pelanggan berfungsi untuk meyakinkan kredibilitas produsen produk bahwa produknya telah dipercaya banyak pelanggan. 

Penjelasan mengenai produk bisa saja dientengkan oleh calon pembeli, namun jika Anda mencantumkan testimoni pelanggan yang telah menggunakan poduk, maka kredibilitas sebuah perusahaan akan meningkat. 

Karena kata-kata dari pelanggan lebih dipercaya daripada penjelasan sales. 

Demikianlah penjelasan mengenai rahasia-rahasia dasar ilmu copywriter yang sangat bermanfaat untuk menulis copywriting yang bagus. 

Ulasan mengenai copywriting cukup sampai di sini dulu ya...

Tunggu artikel selanjutnya ya...

Terima kasih kepada:

Quick Sprout — I'm Kind of a Big Deal
American Writers & Artists Inc. | Make Money Writing ...



G+

0 Comments:

Post a comment