Panduan-Copywriting-4 (Membangun Dasar yang Kuat)

Bab 4

Membangun Dasar yang Kuat

Memahami dasar-dasar konsep dalam menulis copywriting adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 

Karena itu, terlebih dahulu, kita akan mempelajari tiga hal dasar yakni: pertama sebelum menulis, setiap freelance copywriter harus memahami setiap detil fitur dan keunggulan dari produk yang akan dipasarkan yang dapat menarik minat calon pembeli atau prospek; kedua mengidentifikasi siapa target pasar sehingga kita akan dapat menentukan bahasa yang bagaimana dan cara kita menulis; ketiga menulislah dengan jujur.

1. Memahami setiap detil produk yang akan Anda pasarkan dan menuliskan secara lengkap dan akurat dekripsi produk yang Anda pasarkan

Langkah pertama dalam menulis copywriting adalah memahami setiap detil produk yang akan Anda pasarkan. Setelah memahami scara detil, kemudian Anda bisa menuliskan deskripnya secara lengkap. Untuk itu Anda bisa menuliskan deskripsi tersebut berdasarkan urutan pertanyaan-pertanyaan berikut.

#Bagaimana cara Anda mendeskripsikan produk?
Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menuliskan deskripsi sekitar dua atau tiga kalimat tentang fitur dan keunggulan dari produk yang akan dipasarkan yang dapat menarik minat calon pembeli atau prospek. 

#Keunikan apa yang ada dalam produk/apa yang membuat produk tersebut spesial?
Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan keunikan produk atau menjelaskan bahwa produk tersebut berbeda dari produk lain atau memiliki hal-hal yang tidak dipunyai produk lain. 

#Keuntungan apa yang prospek peroleh jika membeli produk?
Tidak hanya keunikan yang harus Anda deskripsikan, keuntungan-keuntungan jika membeli produk tersebut juga harus Anda deskripsikan. 

#Kesulitan apa yang dipecahkan jika membeli produk tersebut?
Seringkali, orang-orang membeli produk karena dua alasan: pertama, untuk menambah kesenangan dan kedua, untuk memecahkan persoalan. Karena itu, deskripsikan keuntungan jika membeli produk tersebut yang dapat menambah kesenangan dan juga dapat memecahkan masalah.

#Fitur-fitur apa saja yang ada dalam produk tersebut? Dan apa keuntungan dari setiap fitur tersebut?
Deskripsikan fitur-fitur apa saja yang didapat prospek jika membeli produk tersebut dan tambahkan keuntungan yang didapat dai setiap fitur. 

2. Tentukan siapa target pasar Anda

Kondisi penjualan Anda akan ditentukan oleh siapa target pasar atau pelanggan, apa yang mereka ingin beli, dan apa yang bisa membuat mereka yakin untuk membeli, di samping faktor takdir. Ketiga hal tersebut berhubungan dengan target pasar atau pelanggan. 

Karena itu sangat penting mendeskripsikan siapa target pasar dari produk yang Anda jual.

Mengapa mendeskripsikan target pasar sangat penting?

Hal ini karena pada dasarnya, setiap target pelanggan memiliki harapan, ketakutan, mimpi, dan keinginan yang berbeda-beda. Karena itu Anda harus dapat memahami apa yang bisa membuat setiap dari mereka tertarik dengan produk yang Anda pasarkan. 

Jika Anda menjual produk kepada ibu rumah tangga, Anda harus menulis iklan dengan cara berbeda dari jika Anda menjual produk kepada bisnismen tingkat tinggi. Jika Anda menjual produk kepada kalangan muda-mudi, Anda harus membedakan cara Anda menulis iklan dari jika Anda menawarkan produk kepada kalangan tua.

Misalnya ibu rumah tangga, baginya memprioritaskan kesenangan keluarga adalah hal utama dibanding membeli barang-barang pribadi. Baginya manabung uang sisa adalah hal yang sangat penting. 

Sementara itu bagi bisnimen tingkat tinggi menghemat waktu lebih berharga ketimbang mengerem pengeluaran.

Perbedaan tersebut mempengaruhi cara Anda menulis iklan. 

Untuk dapat mendeskripsikan siapa target pasar Anda, Anda dapat menuliskannya sesuai pertanyaan-pertanyaan berikut.

#Siapa saja pelanggan yang sekarang telah membeli produk?

#Siapa saja calon pelanggan yang Anda harapkan mereka mau membeli produk?

#Orang-orang seperti apa yang akan membeli produk? (secara spesifik)

#Apa yang pelanggan sukai dari produk?

3. Menulislah dengan jujur

Jangan hanya karena Anda ingin mendapatkan uang banyak dari klien, Anda menulis produk klien Anda secara radikal dan bombastis, sehingga membuat calon pembeli tertarik dengan iklan yang Anda tulis. Tapi sebenarnya Anda hanya membual semata. Dan setelah konsumen membeli produk tersebut, mereka kecewa berat semua. 

Tulislah dengan kejujuran, karena dengan kejujuran Anda mendapatkan keuntungan yang lebih “abadi” ketimbang hanya keuntungan finansial sesaat.

Nah sekarang jika Anda sudah memahami konsep dasar di atas, Anda bisa melanjutkan mempelajari rahasia-rahasia selanjutnya.


G+

0 Comments:

Post a comment