Panduan-Copywriting-1 (Apa Itu Copywriting?)

Bab 1

Apa Itu Copywriting?

Mungkin Anda belum pernah mendengar copywriting atau sudah pernah mendengar tapi masih belum paham makhluk apakah itu atau malah Anda adalah master dalam bidang ini.

Jika Anda adalah master copywriter, berarti Anda bisa bernostalgia sejenak dengan pelajaran pemula. Atau Anda bisa memberi masukan-masukan untuk melengkapi penjelasan singkat tentang copywriting ini.

Jika anda belum tahu sama sekali tentang copywriting, maka inilah kesempatan emas Anda untuk mempelajari salah satu pekerjaan terhebat sepanjang masa...

Apa itu copywriting?

Apakah itu berkaitan dengan copy-paste sebuah tulisan?

Atau itu adalah menulis sambil ngopi? Hehe yang ini abaikan saja.

Atau ngopi sambil nulis? Hadehhh!

Yang jelas copywriting adalah anak keturunan kegiatan tulis-menulis.

Dalam bahasa kita, ada ahli di bidang ini yang mengartikan copywriting sebagai salinan penjualan, ada juga yang mengartikannya sebagai surat penjualan. Mungkin kita bisa menggunakan kedua istilah itu. Tapi yang jelas inti dari copywrting tidak jauh dari soal tulis-menulis.

Tulis-menulis tentang apa?

Gampangnya, mungkin kita perlu memakai perumpamaan seperti ini:

Jika Anda bisa menulis cerita yang bisa membuat pembaca menangis, tegang, sedih, atau tertawa, berarti Anda adalah penulis novel, novelet, cerpen, cermin, dan tulisan-tulisan fiksi yang lain.

Jika Anda bisa menulis rangkaian kata-kata indah yang penuh makna teka-teki yang membuat pembaca kadang bingung atau kadang tersentuh hati, maka Anda adalah penulis puisi atau penyair.

Jika Anda bisa menulis sebuah tulisan yang membuat pembaca manggut-manggut tanda mengerti atau geleng-geleng tanda semakin bingung berarti Anda adalah penulis buku atau artikel pengetahuan.

Tapi jika Anda bisa menulis sebuah tulisan yang bisa MEMPENGARUHI pembaca untuk melakukan sesuatu, maka itulah copywriting.

Ya MEMPENGARUHI. Itulah kata kunci untuk pekerjaan tulis-menulis semacam ini. Kita menulis dengan gaya tertentu untuk membuat pembaca melakukan sesuatu.

Melakukan sesuatu?

Copywriting MEMPENGARUHI pembaca untuk melakukan apa?

Contohnya untuk mendukung agenda kita, membeli produk kita, meminta informasi lebih, mendaftarkan akun, mensubscribe email, dll.

Ooo... Begitu! Jadi intinya copywriting adalah menulis iklan.

Ya tepat sekali. Tapi bukan sembarang iklan lho...

Lantas, iklan seperti apa?

Iklan yang membuat pembaca atau konsumen melakukan apa yang kita inginkan.

Contoh seperti apa?

Pernahkah Anda sejenak membaca tulisan-tulisan yang dikirim ke email Anda oleh perusahaan? Pernahkah Anda membaca tulisan-tulisan promosi yang ada di majalah atau surat kabar atau di laman-laman internet?

Pernahkah Anda sejenak berpikir untuk mencoba menebak-nebak siapakah yang menulis tulisan itu?

Ya benar. Itulah copywriter atau freelance copywriter, sebutan bagi orang yang bekerja sebagai copywriting.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya.

Lalu apa bedanya dengan iklan-iklan yang biasanya ada?

Kan mereka juga berusaha MEMPENGARUHI konsumen?

Bedanya dari copywriting adalah mereka membuat iklan untuk menciptakan kesadaran produk mereka kepada konsumen.

Sementara copywriting MEMPENGARUHI konsumen agar mereka segera melakukan apa yag kita inginkan.

Mengklik link.... Mengisi quesioner... Membeli produk....

Bukan dua atau tiga hari atau bahkan seminggu setelah konsumen membaca iklan. Tapi SEKARANG JUGA.

Sekarang juga?

Wow sepertinya menarik ya...

Pastinya!

Lalu Anda mungkin bertanya...

Apa saya bisa bekerja sebagai freelance copywriter?

Bisa!

Untuk itu baca hingga Bab terakhir dari tulisan ini ya...

Agar Anda mengetahui rahasia-rahasia menulis copywriting

Sebelum itu simak dulu Bab 2 tentang manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan dengan bekerja sebagai freelance copywriter.


G+
Comments
0 Comments
Thanks for your comment
Comments
0 Comments
Thanks for your comment