Cara Mengexport Eps File Yang Benar di Inkscape



Donwload file ini

Jika sobat ingin memulai karir sebagai Freelance Designer baik sobat mengikuti kontes desain maupun ingin mengirim desain sobat ke berbagai agen micronstock pastinya sobat harus mengirim file format eps.

Jika sobat menggunakan Software Adobe Illustrator -karena sobat sudah berlangganan, mengeksport file eps bukanlah jadi masalah, namun jika sobat menggunakan software gratisan yaitu Inkscape pasti sobat akan merasa kecewa setelah mengeskport file eps di Inkscape, karena setelah sobat mencoba melihat karya sobat dan hasilnya bukan file vektor yang sobat dapatkan tapi hanya file png dalam bentuk eps.

Oleh karena itu agar karya desain sobat tak sia-sia, sobat perlu mencoba cara ini untuk mengeksport file eps dari Inkscape.

Pertama sobat download file AI compatible EPS export for Inkscap.

Kemudian ekstrak filenya dan copy file aieps_output.inx dan aieps_output.py ke folder extensions Inkscape.

Jika sobat menggunakan Windows: C:\Program Files\Inkscape\share\extensions
Jika sobat menggunakan Linux: /usr/share/inkscape/extensions
                                                   atau ~/.config/inkscape/extensions

Dokumentasi Pribadi

Setelah selesai, buka Inkscape dan cobalah klik save as. Sobat akan mendapati pilihan file format Encapsulated PostScript - AI Compatible (*.eps). Nah berarti sobat sudah berhasil.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Apa saja yang bisa dieksport oleh script in? layers, groups, paths, clones, clipping paths, fill, stroke, gradient fill (tidak semua).

Apa saja yang tidak bisa dieksport?

1. Teks tidak bisa dieksport. Lakukan ini: convert teks ke path kemudian diungroup dan sobat bisa memilih union atau group. Tanpa union atau group mungkin teks akan tetap tak terlihat.

2. Radial gradients tidak bisa dieksport.

3. filter tidak bisa dieksport.

4. Pattern tidak bisa dieksport.

5. Penggunaan shape seperti rectangle, square, circle, ellipse, dan arc dalam beberapa kondisi tidak bisa dieksport, namun bisa diatasi dengan menggunakan menu path - intersection.

Hal-hal lain silakan dicoba sendiri. Selamat mencoba.

Sumber: https://primandras.hu/inkscape-ai-compatible-eps-exporter/

0 Comments:

Post a comment