3 Sofware Gratis Untuk Memulai Karir Sebagai Freelance Designer


Freelance Designer atau Desainer Lepas kini telah menjadi pekerjaan yang banyak digeluti, khususnya desainer online. Banyak jenis pekerjaan desain daring, baik melalui website dan akun media sosial pribadi maupun situs penyedia projek desain lainnya. Untuk jenis yang kedua ini banyak macamnya, di antaranya dalam bentuk kontes logo, banner, flyer dan berbagai desain lainnya atau situs buka lapak jasa desain ataupun situs mocrostock.

Permintaan desain-desain baru pun sangat tinggi. Hal ini mungkin bisa menjadi pertimbangan sobat untuk memulai karir sebagai Freelance Designer, bukan sebagai pekerjaan utama alias perkerjaan sampingan. Syukur kalau bisa jadi pekerjaan utama. Apa lagi bagi sobat memliki hobi menggambar atau setidaknya memiliki minat di bidang desain grafis. Alangkah baiknya bukan hanya dijadikan minat, tetapi juga bisa menjadi jalan rezeki bagi sobat sekalian.

Nah, pada postingan kali ini saya akan menyebutkan 3 Sofware Gratis Untuk Memulai Karir Sebagai Freelance Designer. Mungkin banyak sobat yang bertanya-tanya ketika ingin memulai karir di dunia desain grafis, software apa yang harus dikuasai?

Haruskah menggunakan software berbayar? Berlangganan? Bayar tiap bulan atau tiap tahun? atau haruskah membeli sofware desain grafis sekali bayar?

Atau haruskah membajak softwar-software berbayar itu, lalu digunakan untuk belajar desain grafis sekaligus bekerja?

Jawabannya, jika sobat tak bisa memilih opsi pertama jangan gunakan opsi kedua karena sudah ada opsi ketiga.

Opsi ketiga adalah memnggunakan software-software gratis yang mumpuni dan terbukti bisa bersaing dalam meniti karir di dunia Freelance Designer.

1. Inkscape


Inkscape merupakan software desain grafis bermadzhab vektor yang sudah sangat mumpuni untuk pembuatan desain-desain keren. Software ini dijadikan software alternatif yang gratis untuk software sekelas adobe illustrator dan corel draw. Gak perlu panjang lebar penjelasannya, silakan download, pelajari, dan hasilkan.


2. Gimp


Berbeda madzhab desangan Inkscape, Gimp lebih difokuskanuntuk membuat bergenre bitmap. Atau lebih dekat pada software pengolah gambar yang bisa diandalkan sebagai pengganti Photoshop.


3. Adobe Draw


Untuk yang satu ini khusus pengguna Ipad dan tablet android. Bagi yang memiliki dua perangkat itu atau setidaknya salah satunya, sobat bisa menginstal Adobe Draw gratis. Aplikasi ini juga bisa diandalkan untuk membuat desain vektor yang profesional. Untuk lebih mudahnya sobat harus menggunakan stylus atau apple pencil untuk menggambar di aplikasi Adobe Draw.


4. Photopea (Bonus)


Yang satu ini merupakan software desain Bitmap berbasis Website yang tampilan dan kerjanya seperti photoshop.



0 Comments:

Post a comment