ASUS Zenfone 2 ZE550ML: Ketika Ponsel Super Pintar Gak Harus Mahal


Di era sekarang ini, memiliki smartphone atau ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan yang mungkin bisa dikatakan sebagai kebutuhan utama bagi banyak orang. Entah itu untuk mendukung mobilitas kerja, mencari hiburan, ataupun yang lainnya. 

Karena fenomena itulah, kini semakin banyak produsen elektronik yang berlomba-lomba membuat produk smartphone dengan berbagai spesifikasi dan keunggulan yang berbeda-beda. Di lain pihak, kita sebagai konsumen juga harus sadar dengan banyaknya smartphone yang beredar. Artinya kita dituntut untuk semakin jeli dalam memilih smartphone yang benar-benar sesuai keinginan, kebutuhan, dan ketebalan kantong kita.

Salah satu cara untuk benar-benar memahami smartphone yang kita inginkan dan butuhkan adalah dengan mencari informasi di internet. Dan pasti kita akan mendapatkan seluruh spesifikasinya. Tapi adakah yang benar-benar membuktikan kemampuan smartphone yang telah ditulis spesifikasinya? Ada. Tapi hanya sedikit.

Karena itu dalam artikel kali ini saya akan membagikan sekelumit pengalaman saya menggunakan smartphone dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Smartphone apa itu?

ASUS Zenfone 2 ZE550ML

Ya inilah smartphone yang telah lama saya gunakan. Karena itu sepertinya banyak benarnya jika saya coba berbagi pengalaman selama menggenggam smartphone ini.

Smartphone ini terbilang cukup murah jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 2 jutaan, kita sudah mendapatkan smartphone dengan spesifikasi premium namun dengan harga yang cukup murah.

Tidak berlebihan jika ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini dikatakan sebagai smartphone dengan prosesor setara notebook, karena memang saya merasakan sendiri smartphone ini bisa mendukung setiap aktivitas kerja saya dengan performa layaknya sebuah notebook.

Mau tahu lebih detil tentang mengapa ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini dikatakan sebagai smartphone dengan prosesorsetara notebook? Simak ulasan berikut.

Kita mulai dari performa.

Intel Atom Z3560

Di sektor dapur pacu, ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini dibekali dengan prosesor Super Quad-Core Intel® Atom™ ZE3560 1.8 GHz, dan memiliki 2GB dual-channel DDR3 RAM untuk kinerja 3x lebih baik, dan 7x lebih cepat untuk gaming dibanding generasi sebelumnya.

Tidak berlebihan jika Asus memberikan slogan “Untuk Performa Sekarang, Dan Masa Depan” untuk ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini. Karena performanya memang tidak main-main. Dengan prosesor Super Quad-Core Intel® Atom™ ZE3560 1.8 GHz dan memiliki 2GB dual-channel DDR3 RAM, saya tak pernah kawatir smartphone saya ini mengalami gangguan performa alias ngadat di tengah jalan ketika saya gunakan untuk berbagai aktivitas dengan menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu atau multitasking.

Performa dalam multitasking

Spesifikasi gahar itu memang bukan hanya tulisan semata, selama saya menggunakan smartphone ini, spesifikasi itu benar-benar terbukti ampuh dalam menjalankan berbagai aplikasi baik kecil maupun super besar. Bahkan tulisan ini pun dibuat melaui aplikasi microsoft word versi android yang dijalankan secara bersamaan dengan banyak aplikasi besar lain untuk mendukung penulisan artikel ini, seperti browser, pdf, youtube, email. Semua aplikasi itu dijalankan secara bersamaan dan hasilnya tak ada lag, lelet, hang dan sebagainya hingga tulisan ini berhasil terselesaikan.

Saya sering membuka aplikasi browser, facebook, whatsapp, microsoft word, youtube, dan beberapa aplikasi lainnya secara bersamaan dan hasilnya mengagumkan sekaligus memuaskan. Tak terjadi apa yang sering kita sebut sebagai sesuatu yang menyebalkan ketika menggunakan smartphone. 

Ketika menggunakan smartphone dengan performa pas-pasan pasti kita sering jengkel ketika tengah mengerjakan sesuatu dengan aplikasi smartphone, atau ketika membuka pertama kali sebuah aplikasi, kita harus menunggu aplikasi itu berjalan dengan normal selama puluhan detik atau bahkan satu menit atau lebih. Dengan ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini saya tak pernah mengalami hal menyebalkan itu. Dalam sekali sentuh, setiap aplikasi yang ingin saya buka pasti di detik itu pula akan terbuka.

Memiliki smartphone dengan ram 1 GB pasti sudah membantu aktivitas kita, namun memiliki smartphone dengan ram 2 GB pasti akan lebih banyak lagi aktivitas kita yang terselesaikan dengan cepat dan instan. Memiliki smartphone dengan spesifikasi ram 2 GB, bukan hanya menguntungkan dari segi banyaknya aktivitas kita yang bisa terselesaikan tetapi juga untuk performa masa depan yang tetap terjaga. Hal ini disebabkan oleh perkembangan aplikasi android yang semakin hari semakin banyak dan membutuhkan spesifikasi perangkat smartphone yang semakin tinggi. Karena itulah tak heran bila ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini disebut dengan slogan “Untuk Performa Sekarang, Dan Masa Depan”.

Sesuai dengan slogannya, smartphone ini tidak akan kesulitan beradaptasi dengan berbagai perkembangan aplikasi yang semakin tinggi dan perkembangan kebutuhan dan keinginan manusia yang juga terus berubah.

Tampilan



ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini dibekali tampilan yang menurut saya sangat elegan layaknya smartphone premium yang harganya jauh di atas. Dengan layar 5.5 inci HD IPS (1280 x 720) dan desitas piksel 267ppi serta dikelilingi bingkai tipis tampilan smartphone ini memang didesain premium meski harganya tak selangit. ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini juga dilengkapi dengan rasio layar 72% rentang warna NTSC dan teknologi LTPS dan sudut pandang lebar 178 derajat untuk area pandang lebih maksimal.

Dengan spesifikasi seperti itu, setiap kali saya menatap layar ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini saya merasa sedang menatap layar televisi LED dengan layar berspesifikasi tinggi. Karena saking beningnya layar ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini. 

Di sektor perlindungan layar, ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini sudah dilindungi oleh Gorrilas 3 yang akan membuat layar tak mudah tergores.

Untuk mendukung semua hardware itu, ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini didukung oleh sistem operasi Android Lollipop v5.0 dan dilengkapi dengan tampilan tema ZenUI yang memang didesain khusus untuk memperindah tampilan sekaligus mempermudah dalam pengoperasian.

Dengan seluruh spesifikasi perangkat software dan hardware itu, ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini benar-benar mengagumkan ketika saya gunakan untuk menonton video beresolusi HD.

Fitur-fitur Menarik

Asus PC Link

Awalnya saya tak bergitu tertarik dan mengerti tentang aplikasi bawaan Asus yang bernama Asus PC Link. Saat awal-awal memiliki smartphone ini saya hanya menggunakan kabel data ketika ingin mentransfer file dari ASUS Zenfone 2 ZE550ML ke PC atau sebaliknya. Tapi setelah beberapa kali perenungan menggunakan kabel data menurut saya kurang efisien dan ribet. Makanya saya mencoba mencari aplikasi Asus yang memang diperuntukkan untuk hal-hal semacam ini. Dan akhirnya saya temukan Asus PC Link. 

Saat mentransfer data

Inilah salah satu yang membuat saya jadi semakin terpuaskan memiliki ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini, karena mendukung sambungan langsung ke laptop atau pc. Karena sangat sering saya harus memindahkan data yang telah saya download dengan smartphone ini lalu saya transfer ke laptop. Tanpa proses panjang file saya sudah berada di laptop hanya dengan jari. Ya benar dengan jari.




Dengan aplikasi PC Link milik Asus saya bisa memindahkan banyak file secara instan baik dari smartphone ke laptop maupun sebaliknya dengan sangat mudah. Saya juga bisa melihat secara lansung layar smartphone saya tampil sempurna di layar laptop.

Dengan Asus PC Link ini kita bisa menyambungkan ASUS Zenfone 2 ZE550ML dengan laptop atau notebook secara virtual. Dengan dua pilihan sambungan yaitu kabel port usb atau dengan sambungan wifi yang kedua perangkat itu tersambung pada satu wifi. Dan saya sendiri lebih sering menggunakan sambungan wifi karena menurut saya tak ribet. Namun tentunya setelah laptop atau notebook atau PC telah diinstal aplikasi Asus PC Link juga.

Bukan hanya mentransfer data, Asus PC Link ini juga dapat digunakan untuk merekam semua aktivitas selama menggunakan smartphone dan dijadikan sebuah video. Seperti video di atas. 


Sebenarnya masih ada ada lagi aplikasi bawaan Asus yang terkategori dalam keluarga "link", yaitu Share Link, Party Link, dan Remote Link. Intinya semua aplikasi itu dimanfaatkan sebagai layanan saling berbagi perangkat atau saling menghubungkan perangkat. Dan aplikasi tersebut benar-benar membantu aktivitas saya.

Koneksi Internet

Hal hebat lain yang menurut saya smartphone ini memang stara dengan notebook adalah masalah konektivitas jaringan internet. Seringkali saya harus mendownload file besar yang mengharuskan saya keluar ke stan wifi, karena di sana sangat cepat. Dan karena saya memang belum pernah mencoba fitur koneksi internet 4G di ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini. Meski kata para member ASUS Zenfone 2 di Grub Facebook, smartphone ini memang sangat mumpuni ketika digunakan untuk mengakses internet dengan koneksi 4G LTE. 

Ok kembali lagi ke stan wifi, saya tak perlu membawa notebook atau laptop untuk berinternet, cukup dengan ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini pengalaman berinternet dengan notebook atau laptop bisa saya dapat dengan smartphone ini. Karena smartphone ini benar-benar menghadirkan performa yang Mumpuni. Meski saya tengah mendownload file bergiga-giga, tapi smartphone ini tak pernah lag atau hang sama sekali. Meski saya membuka browser dengan banyak tap yang saya buka, smartphone ini tak pernah ngadat di tengah jalan.

Zen Motion



Fitur lain yang menurut saya sederhana namun memberikan kenyamanan yang cukup memuaskan adalah adanya fitur sentuh dua kali atau double tap untuk menghidupkan smartphone secara cepat dan instan. Sehingga saya tak perlu susah-susah menekan tombol on-off untuk memulai aktivitas dengan ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini. Atau menggunakan fitur gestur huruf ketika ingin membuka aplikasi yang diinginkan secara cepat ketika smartphone dalam keadaan mati.

Seperti dengan menulis gestur huruf C, maka kita akan langsung diarahkan ke aplikasi kamera. Atau menulis gestur huruf V, kita akan langsung diarahkan ke aplikasi voice call. Menulis huruf S untuk langsung mengarah ke aplikasi pesan dan lain sebagainya.

Kamera


Di sektor kamera, ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini dilengkapi dengan kamera belakang atau utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Di bodi belakang juga dibekali lampu kilat Dual LED Real Tone. Nah untuk fitur ini tak perlu berpanjang lebar, berikut akan saya tampilkan hasil jepretan saya menggunakan ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini.

foto zenfon 2

foto zenfon 2

Memori



ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini dilengkapi memori internal yang menurut saya sudah lebih dari cukup untuk ukuran sebuah smartphone yaitu 16 GB. Dengan memori sebesar itu saya sudah bisa menyimpan banyak sekali video berkualitas HD yang saya download dari Youtube juga file-file besar yang saya download di internet.

Dan satu lagi, tentunya sudah sangat cukup untuk menginstal aplikasi-aplikasi besar seperti game, sosial media, aplikasi office, dan aplikasi-aplikasi lainnya. 

Bahkan jika belum cukup, masih ada memori eksternal yang bisa ditambah hingga 64 GB. Jadi menurut saya tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan lagi tentang masalah penyimpanan.



Dan jika masih belum cukup juga, tenang. Asus sudah menyiapkan Asus Webstorage untuk penyimpanan tambahan.

Baterai



Untuk sektor daya kehidupan alias baterai, ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini telah dibekali baterai sebesar 3000 mAH yang bisa bertahan berhari-hari jika tidak sering digunakan. Namun sesuai pengalaman saya, ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini bisa bertahan hingga seharian jika digunakan untuk membuka aplikasi facebook, whatsapp, Youtube, Browser, aplikasi video, dan beberapa aplikasi sosial media lain.

Untuk pengisian baterai, ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini membutuhkan sekitar 2 jam dan smartphone ini akan siap kembali menemani aktivitas penggunanya.

Akhir Kata

Nah sampai di sini dulu ulasan tentang pengalaman saya menggunakan ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur lain yang sangat membantu aktivitas saya. Untuk spesifikasi detilnya bisa langsung lanjut ke laman web resmi Asus.

Terimakasih. Semoga bermanfaat!
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Comments
0 Comments
Thanks for your comment