Video Inspirasi YouTube untuk Membuat Kinetic Typography di After Effects


Assalamualaikum sobat Yarbi, pada postingan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa sumber bermanfaat mengenai cara membuat Kinetic Typography di After Effects. Hal ini karena telah banyak permintan kepada saya untuk memberikan sumber-sumber tutorial untuk membuat Kinetic Typography seperti yang telah saya buat (video yang ada di atas) dan telah saya share di grup facebook tentang After Effects.

Ok sebelumnya saya akan memberikan penjelasan super singkat mengenai apa itu Kinetic Typography sejauh yang saya pelajari selama ini. Kinetic Typography itu gampangnya adalah lawan/kebalikan/apalah dari Static Typography.

Sobat Yarbi yang sudah sangat familier dengan desain grafis pasti sudah mengetahui Static Typography. Sederhananya adalah desain grafis yang menampilkan kata-kata yang tertata unik.

Nah dari situ sudah sedikit jelas bahwa Kinetic Typography juga merupakan bagian dari keluarga desain grafis. Bedanya adalah,  Kinetic Typography berbentuk video yang memuat kata-kata bergerak, sementara Static Typography merupakan desain grafis berbentuk gambar diam.

Persamaan keduanya adalah baik Kinetic Typography maupun Static Typography sama-sama bercorak desain yang menampilkan kumpulan kata-kata yang ditata secara unik dan apik (penataan tersebut bisa berupa penggunaan jenis font, pengaturan ukuran font, warna, maupun letak font).

Nah jika pada Static Typography kita hanya bisa melihat sebuah desain kata-kata yang diam, namun jika pada Kinetic Typography kita bisa melihat kata-kata tersebut bergerak dengan irama tertentu (biasanya berdasarkan irama orang bicara dan lain sebagainya).

Sama dengan Static Typography, Kinetic Typography biasanya juga dipadukan dengan desain grafis yang lain semisal bentuk-bentuk benda atau gambar-gambar yang lain. Namun perbedaanya adalah pada Kinetic Typography biasanya desain grafis tambahan tersebut juga dianimasikan alias digerakkan atau biasa disebut Graphic Motion.

Nah demikianlah penjelasan super singkatnya. Semoga perjelasan di atas bisa sedikit memberikan gambaran umum kepada sobat sekalian mengenai apa itu Kinetic Typography.

Selanjutnya adalah jangan menunda-nunda lagi untuk terus praktek, praktek, dan praktek.

Salah satu cara untuk mempraktekkannya adalah dengan melihat beberapa tutorial yang sudah tersedia gratis di Youtube dan lainnya. Maka dari itu kali ini saya akan bagikan beberapa tutorial yang sering saya gunakan sebagai acuan dalam membuat Kinetic Typography.

Cekidot!

1. Kinetic Typography Quick Tutorial



Tutorial Kinetic Typography ini dibuat oleh Cocombee Studio dengan begitu unik dan jelas. 

Tutorial ini merupakan tutorial yang menurut saya paling komplit mengupas tentang step by step membuat Kinetic Typography mulai dari dasar hingga tingkat lanjut. Dalam tutorial ini sobat akan diajari bagaimana menggerakkan kata-kata yang berupa pengaturan Position, Scale, Rotation, Masking, Wiggle, Bouncing, Swinging, dan lain sebagainya.

2. After Effects Kinetic Typography Motion Graphic Tutorial



3. Kinetic Typography Tutorial



4. How to Kinetic Typography Tutorial


5. How to Create A Typography in After Effects (Kinetic Typography)


6. Tutorial per Video in Kinetic Typography



Nah untuk sementara tutorial Kinetic Typography cukup 6 saja, tidak perlu banyak-banyak. Karena menurut saya yang penting bukan banyaknya tutorial, melainkan jelasnya tutorial tersebut dan kesungguhan sobat untuk mencoba mempraktekkan tutorial tersebut. 

Nah untuk memperdalam pengetahuan sobat mengenai Adobe After Effects secara lebih dalam, saya sarankan sobat mengunjungi situs tutorial After Effects terbesar di Internet yaitu videocopilot.net

Selain tutorial di atas, sobat juga bisa melihat video inspiratif lain yang masih ada hubungannya dengan Kinetic Tyopography seperti yang akan saya bagikan di bawah.

Memang video inspiratif di bawah tidak menyediakan tutorial ataupun template ae secara gratis, namun setidaknya video-video berikut pasti akan bisa memberikan inspirasi kepada sobat tentang cara-cara lain untuk menggerakkan atau menganimasikan kata-kata.










Masih banyak video-video inspiratif lain yang bisa sobat gunakan sebagai inspirasi sobat dalam membuat Kinetic Typography. Sobat juga bisa langsung masuk ke chennel Youtube Mt. Mograph. Di sana sobat akan mendapatkan banyak sekali video tutorial lengkap mengenai After Effects dan video-video inspiratif mengenai Kinetic Typography. Selain itu, sobat bisa mencarinya sendiri. 

InsyaAllah saya juga akan membuat video tutorial singkat tentang cara membuat Kinetic Typography dan beberapa motion graphic yang sobat lihat di atas yang para pembuatnya tidak memberikan tutorialnya atau templatenya. 

Berita baiknya adalah selain membuat tutorial, saya juga akan memberikan template gratis yang bisa sobat download dari projek tutorial yang telah saya buat. 

Jadi tetap sempatkan mampir ke sini ya....

Semoga bermanfaat....

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Comments
0 Comments
Thanks for your comment