Psikologi di Balik Logo: Rahasia yang perlu Anda Ketahui Tentang Makna Logo

Psikologi di Balik Logo: Rahasia yang perlu Anda Ketahui Tentang Logo

Mari sejenak kita belajar tentang desain logo.

Apple dengan buahnya yang digigit, Samsung dengan lingkaran lonjong berwarna biru, kita tahu, semua logo perusahaan itu sudah tidak asing lagi buat kita.

Kita lihat dari anggle mana pun, kita akan dengan cepat mengenali logonya. 

Lalu muncul pertanyaan bagaimana logo mereka bisa begitu familier dengan kita? 

Jawabnya selain karena produk mereka memang berkualitas, logo mereka memang ditampilkan secara berulang-ulang di sekitar kita. Kita bisa lihat itu di jalan-jalan atau di semua media, baik elektronik maupun cetak.

Selain alasan di atas, mungkin masih ada rahasia lain di balik kesuksesan produk mereka hingga diakrabi semua orang di dunia. 

Di antaranya, mungkin logo yang ditampilkan di hadapan jutaan bahkan milyaran konsumen di seluruh dunia itu memang didesain dengan racikan tertentu. 

Seolah-olah logo mereka telah menjadi juru bicara dalam diam namun ampuh untuk menggait konsumen.

Apa rahasia di balik logo mereka?

Karena itu kali ini, kita akan membahas sedikit tentang psikologi di balik setiap logo yang dibuat.

Bagi sebagian start up atau perusahaan kecil, mungkin logo adalah hal penting yang harus mereka pikirkan secara matang dalam membuatnya. Tapi mungkin bagi sebagian yang lain, logo adalah hal terakhir yang mereka pikirkan dalam membangun usaha. 

Mereka semua benar. 

Dalam membangun usaha, kita memang tidak perlu pusing memikirkan bentuk logo yang cocok buat perusahaan kita, tapi bukan berarti kita bisa menghilangkannya sama sekali. 

Di dunia digital ini, manusia secara umum menyenangi hal instan yang serba mudah dalam segala hal, termasuk juga dalam hal mengenal setiap produk komersial yang ada di dunia. 

Karena itu, timbul pertanyaan bagi para usahawan, bagaimana caranya agar produk perusahaan kita dapat dengan instan atau mudah diakrabi oleh pelanggan?

Di situlah letak pentingnya logo. 

Dalam menyiarkan kesadaran produk kepada masyarakat, logo merupakan instrumen paling simple yang dapat membuat pelanggan mengenali dengan mudah produk dari suatu perusahan. Artinya dengan logo, produk kita akan lebih mudah diakrabi konsumen. 

Karena itu ada baiknya, kita perlu menyisikan waktu sebentar untuk mengetahui lebih lanjut pembuatan logo perusahan agar lebih mudah dikenal.


Psikologi di balik logo

Dengan mengetahui psikologi di balik logo, Anda sebagai desainer atau bukan desainer tapi menyukai dunia desain akan dapat membuat logo yang benar-benar dapat menghubungkan perusahaan Anda dengan konsumen, dengan menghubungkan mereka dalam jalinan emosional.

Pesan tersembunyi di balik logo

Biasanya desainer logo amatiran kesulitan untuk berpikir “out of the box”. Kebanyakan mereka berpikir setiap logo desain yang dibuat harus merepresentasikan produk yang diproduksi oleh perusahaan. Misalnya, perusahan sedot wc harus meletakkan gambar penyedot wc atau bahkan wc-nya sekalian di logonya, atau perusahaan travel harus meletakkan gambar mobil, pesawat, dan kendaraan lain di logonya. 

Semua itu tidak harus, meski tidak ada yang melarang jika tetap meletakkan peralatan yang identik dengan perusahaan di logo. 

Tapi pernahkan Anda melihat perusahaan elektronik besar sekelas Apple meletakkan gambar laptop di logonya. Belum pernah. Tapi bagaimana perusahaan itu bisa diakrabi semua orang meski gambar apel yang ada di logonya tetap ada sampai sekarang?

Nah itulah pentingnya mempelajari pesan tersembunyi di balik logo. Setiap logo yang ditampilkan oleh sebuah perusahaan memiliki pesan tersendiri dan unik. 

Jika Anda ingin contoh lain, mari kita simak uraian berikut.

1. Formula 1



Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan logo di atas. Ajang mobil balap nomor wahid ini memang telah lama digemari para penikmat balapan. 

Tapi pernahkah sejenak Anda memperhatikan apa pesan di balik logo yang digunakan?

Sekilas memang logo F1 hanya tampak sebagai satu huruf yaitu F. Namun jika diperhatikan secara saksama, kita akan melihat angka 1 berada di antara huruf F dan bentuk simbol berwarna merah yang menandakan kecepatan.

2. VAIO



Anda pasti juga sudah tidak asing lagi dengan logo di atas. Sebuah perusahaan elektronik yang cukup ternama. 

Tahukah Anda makna di balik logo yang digunakan?

Jika kita perhatikan secara saksama logonya, kita akan mendapati adanya dua bentuk simbol yang berbeda. Pertama adalah simbol gelombang yang bermakna gelombang analog. Dan yang kedua adalah angka 1 dan 0 yang bermakna bilangan biner yang berrarti digital. 

3. Amazon




Yang ini juga pasti Anda sudah sangat familier. Perusahaan yang bergerak di bidang jualan online ini sudah berdiri sejak 1994. Karena itu pasti Anda sudah tak asing lagi.

Anda pasti juga sudah tidak asing lagi dengan logonya yang terlihat sangat sederhana. Namun sebenarnya memiliki makna yang begitu luas. 

Perhatikan bentuk simbol panah di bawah kata amazon. Kita lihat bentuk panah itu dimulai dari huruf a menuju huruf z. Anda tahu artinya apa?

Artinya di amazon menyediakan segala jenis produk dari mulai a hingga z. 

Selain itu, jika kita perhatikan dengan saksama, bentuk panah tersebut juga menggambarkan simbol tersenyum.

Pesan di balik Penggunaan warna

Tahukah Anda bahwa pikiran kita memiliki respon unik terhadap warna? Kita tahu di persimpangan jalan raya, merah berarti berhenti, kuning bersiap-siap, dan hijau berarti jalan. Pikiran kita benar-benar merespon dengan baik setiap warna yang ditampilkan di lampu merah itu, karena jika tidak, akan semakin banyak kekacauan di jalan. Bukan tak mungkin kita akan bolak-balik ditilang polisi.

Tapi tahukah Anda bahwa perasaan kita juga memiliki respon unik terhadap warna? Ketika Anda melihat warna merah di konteks selain lampu merah, Anda mungkin akan langsung terhubung dengan perasaan cinta, passion, romantisme, atau bahkan bahaya. 

Atau warna hijau yang membuat perasaan Anda langsung terhubung dengan rasa alami, tumbuh-tumbuhan, keasrian alam, teduh, sejuk, atau bahkan uang. 

Nah untuk itu, dalam pembuatan logo, kita bisa memanfaatkan fenomena itu. Respon unik dari perasaan kita terhadap warna itu harus kita terapkan ke dalam logo untuk memberi kesan unik. 

Kesan apapun yang ingin kita tampilkan dengan logo kita kepada masyarakat. Apakah kita ingin menampilkan kesan kepercayaan atau krestivitas tiada henti kepada konsumen di logo kita. Kita bisa mengatur itu dengan mengetahui asosiasi sifat dari setiap warna.  

Karena itu perhatikan infografik berikut.


Psikologi di Balik Logo: Rahasia yang perlu Anda Ketahui Tentang Makna Logo

Pesan di balik bentuk logo

Selain warna, pikiran kita juga dapat menafsirkan bentuk dengan makna tertentu. Karena itu, dalam mendesain logo, kita juga harus mempertimbangkan dengan kesadaran penuh setiap garis, kurva, atau apapun bentuk logo yang kita buat.

Tahukah Anda bahwa garis vertikal identik dengan sifat kejantanan, kekuatan sementara garis horosontal berasosiasi makna dengan komunitas dan ketenangan. Sebab itu kita lihat di rumah sakit, garis vertikal di monitor dimaknai kekuatan atau masih hidup sementara garis horisontal dimaknai sebagai ketenangan alias mati. 

Dengan mengetahui efek psikologi dari setiap bentuk logo akan membuat Anda lebih mudah “menceritakan” sebuah perusahaan dengan logo.

Lingkaran-bentuk lingkaran dapat memberi kesan emosi positif dan hubungan yang dalam. Hal itu mengingatkan kita pada pernikahan, kemitraan, dan kestabilan. 

Kotak-garis lurus dari bentuk kotak menggambarkan keseimbangan. Hal itu juga dapat menunjukkan kesan kekuatan, profesionalitas, dan efisiensi.

Segi tiga-segi tiga biasanya berasosiasi dengan kesan power atau tenaga, ilmu pengetahuan, agama, dan hukum.

Karena itu, mengetahui nilai inti dari sebuah perusahaan akan sangat penting untuk kemudian merepresentasikannya ke dalam bentuk-bentuk logo.  



Pesan di balik bentuk tipografi

Tipografi yang dipilih dalam sebuah logo bisa menggambarkan lebih banyak tentang perusahaan kepada konsumen. Tipografi atau jenis font yang digunakan adalah cara termudah untuk sebuah perusahaan dikenal lewat logo. Karena itu, memilih jenis font adalah hal yang harus sangat diperhatikan karena akan menggambarkan keunikan tersendiri dari perusahaan. 

Karena itu perhatikan infografik di bawah.


Psikologi di Balik Logo: Rahasia yang perlu Anda Ketahui Tentang Makna Logo

Referensi:
bluesodapromo
webdesignerdepot
thelogocompany
creativebloq
weemss


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Comments
8 Comments

8 comments

Click here for comments
28 October 2015 at 14:15 ×

Wah baru ta saya gan , thx info nya

Balas
avatar
admin
28 October 2015 at 14:22 ×

Logo dalam suatu perusahaan memang sangat penting gan,Sekarang banyak perusahaan membuat
misteri dibalik logonya tetapi dengan begitu pengunjung dapat tertarik .

Balas
avatar
admin
28 October 2015 at 14:27 ×

Benar sekali gan...

Balas
avatar
admin
28 October 2015 at 14:55 ×

logo memang harus menampilkan ciri khas dari suatu produk, perusahaan atau apapun itu...
jadi orang lebih familiar hanya dengan melihat logonya

Balas
avatar
admin
28 October 2015 at 15:19 ×

wew ternyata amazon dari a-z baru tau saya thanks infonya

Balas
avatar
admin
28 October 2015 at 15:26 ×

wew nice post , jadi gak asal bikin logo kalo gini mah

Balas
avatar
admin
28 October 2015 at 15:36 ×

thanks gan... ya gan jangan asal buat aja... bikin yang unik dan familier...

Balas
avatar
admin
28 October 2015 at 15:39 ×

bener ganget gan...

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment