13 Cara Promosi Blog yang Efektif di Facebook

13 Cara Efektif Mempromosikan Blog di Facebook


Mempromosikan blog merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap blogger. Karena setiap blogger pasti menginginkan artikel yang sudah mati-matian ditulisnya dibaca orang banyak dan akhirnya blognya pun menjadi terkenal. 

Lalu bagaimana cara mempromosikan blog yang efektif agar mendapatkan hasil yang memuaskan?

Salah satunya melalui Facebook.

Bagaimana caranya?

Simak penjelasan berikut.

Sebagai media sosial terbesar di dunia, Facebook adalah peluang terbesar bagi para blogger untuk mempromosikan blog. Tapi mungkin ada di antara Anda yang belum mengetahui cara efektif atau yang tepat untuk mempromosikan postingan blog di Facebook. Dengan mempelajari cara ini Anda akan terhindar dari cara promosi di Facebook yang salah.

Karena itu gunakan 13 cara efektif ini agar promosi blog yang Anda lakukan di Facebook membuahkan hasil yang maksimal.

1. Buat Fanpage

Belum punya fanpage? Anda harus membuatnya sekarang. Untuk membuat blog Anda lebih familiar dengan penduduk Facebook, Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui fanpage Anda sendiri. 

Dengan memiliki fanpage sendiri Anda akan lebih mudah mengetahui target pasar Anda atau siapa saja yang menyukai hasil kerja Anda. Dengan begitu Anda akan berpeluang besar mendapatkan lebih banyak pembaca loyal untuk blog Anda.




2. Gunakan gambar yang besar dan menarik

Sudah dibuktikan oleh banyak orang termasuk saya sendiri bahwa membuat status di Facebook dengan mencantumkan gambar yang besar dan menarik akan meningkatkan minat penghuni Facebook untuk melihat, mengelike, berkomentar, dan sebagainya. 

Contoh simpelnya seperti peristiwa yang masih hangat dibicarakan di banyak media sosial termasuk Facebook, tentang tiga mahasiswa yang menghadang para pengendara moge dengan dikawal polisi yang menerobos lampu merah. 



Postingan itu saya lihat pertama kali di Facebook yang dibagikan oleh teman Facebook dan setelah itu banyak sekali orang membicarakan peristiwa itu, termasuk di berbagai kanal berita online. Pada status itu, gambar seorang mahasiswa berhadapan dengan para rider moge ditampilkan cukup besar dan dibubuhi dengan tulisan singkat.

Dan apa yang terjadi? Status itu benar-benar cepat viral. Bukan hanya karena tulisan yang ditulis singkat itu menampilkan konflik yang sangat menarik untuk dicermati, tetapi juga karena ada gambar yang mengandung masalah sehingga membuat orang-orang merasa berminat untuk memberi respon.

Masih banyak lagi contoh lain yang membuktikan status facebook dengan gambar yang besar dan menarik akan membuat status tersebut lebih cepat viral. Anda bisa mengkreasikannya sendiri. Anda juga dapat menggunakan tool online keren ini untuk membuat gambar potingan blog lebih menarik. 

3. Gunakan update status yang ringkas (untuk kegiatan promosi blog)

Di Facebook, kita memang dibolehkan membuat status super panjang, tapi untuk tujuan promosi blog sebaiknya Anda menghindari tindakan itu. Karena tujuan utamanya adalah Anda menginginkan orang-orang yang membaca status Anda di Facebook langsung membuka blog Anda dan diharapkan mereka akan membaca seluruh postingan blog Anda. 

Karena itu gunakan status yang ringkas dan prvokatif. 

Untuk menserasikan dengan langkah pertama yakni menambahkan gambar yang besar dan menarik, dalam membuat status, setelah Anda membuat tulisan ringkas dan menambahkan gambar, Anda bisa menggunakan tool seperti https://goo.gl/ atau http://bitly.com/ atau yang lainnya untuk memperpendek link postingan blog Anda. 

Hal ini juga dilakukan agar status Anda terlihat lebih rapi dan bersih serta lebih profesional. Selain itu hal ini dilakukan dengan asumsi bahwa kebanyakan orang mengakses Facebook melalui ponsel baik ponsel biasa maupun smartphone, agar mereka tidak berlama-lama membaca status, Anda tulis status secara ringkas saja.

Seperti ini:

4. Buat status berupa pertanyaan

Biasanya sebuah status yang berupa pertanyaan dapat membuat minat orang untuk membaca menjadi lebih tinggi. Karena biasanya ketika ada pertanyaan, orang yang mengetahui jadi berminat menjawab, dan orang yang ingin tahu jawabanya ingin membaca lebih lanjut. 

Karena itu ada baiknya untuk memvariasi status, Anda membuat status yang berupa pertanyaan. Gunakan status pertanyaan yang ringkas dan mudah dipahami dan mungkin sedikit kontroversi.

Seperti ini:


5. Tulis kutipan kata-kata dari postingan Anda

Tulis sebuah kutipan dari tulisan postingan blog Anda di status facebook Anda yang menurut Anda sangat menarik. Biarkan penduduk Facebook mencicipi sedikit ilmu dari postingan blog Anda melalui sebuah kutipan. Biasanya mereka akan terprovokasi dan merasa ingin mengetahui lebih lanjut tulisan Anda. 



6. Hilangkan link postingan blog Anda

Untuk membuat status Facebook Anda semakin terlihat profesional dan menarik, Anda bisa menghilangkan link postingan blog Anda. Hapus link postingan blog Anda, sehingga status Anda akan berupa tulisan ringkas dan provokatif serta preview postingan blog Anda. 

Jika Anda masih belum paham dengan apa yang saya maksud, lihat contoh berikut.


13 Cara Efektif Mempromosikan Blog di Facebook
Gambar 1

13 Cara Efektif Mempromosikan Blog di Facebook
Gambar 2

13 Cara Efektif Mempromosikan Blog di Facebook
Gambar 3

7. Bagikan berbagai tips

Sekali-kali Anda bisa membuat status tanpa menyertakan link postingan blog. Sebagai gantinya salah satunya Anda bisa membuat status singkat tentang tips melakukan atau mengatasi sesuatu. Jadikan status semacam itu untuk memperakrab hubungan dengan penduduk Facebook.

8. Bagikan postingan blog terbaik Anda setiap pekan

Untuk membuat variasi status, di setiap akhir pekan Anda bisa memposting status tentang postingan blog terbaik Anda. Buatlah rekap postingan blog Anda dan bagikan kepada penduduk Facebook. 

Untuk itu Anda bisa menggunakan kata-kata yang menggugah minat seperti:


“Siapa tahu ada di antara sobat yang terlewat, berikut daftar postingan terbaik minggu ini.”


9. Posting status video

Berkreasilah dalam membuat status. Salah satunya dengan membuat video singkat melalui vine.co atau instagram.com tentang postingan blog Anda. Buat semenarik mungkin agar mereka lebih terkesan dengan status Anda.


10. Bagikan postingan blog orang lain

Salah satu prinsip media sosial adalah berbagi. Karena itu untuk membuat variasi status, Anda bisa membagikan link postingan blog lain yang Anda anggap relevan dan menarik. 



11. Bergabunglah di berbagai Grub Facebook yang relevan

Untuk yang ini Anda tidak boleh melewatkannya. Jika Anda ingin blog Anda segera dikenal, Anda harus bergabung di grub Facebook yang relevan dengan topik blog Anda. Karena menurut saya ini adalah cara paling mudah dan terarah untuk mempromosikan blog baru.

Misalkan jika topik blog Anda tentang tulis menulis, Anda bisa bergabung dengan grub tulis menulisJika topik blog Anda tentang kesehatan atau tekno Anda bisa mencarinya dan segera bergabung di sana. 

Di atas adalah contoh grub facebook yang bisa Anda ikuti berdasarkan relevansi topik blog Anda. Tapi menurut saya ada beberapa grub Facebook yang wajib Anda ikuti tanpa melihat apapun topik blog Anda. 

Apa itu?

Grub Facebook tentang blogging!!!

Berikut adalah daftarnya.
Grub Facebook Kondisi
BLOGGER INDONESIA Aktiv Cek
Komunitas Blogger Indonesia Aktiv Cek
Blogger Community of Indonesia Aktiv Cek
BLOGGER INDONESIA™ Aktiv Cek
Keluarga Blogger Indonesia Aktiv Cek
Diskusi Blogger Pemula Aktiv Cek
Blogger Addict ( Indonesia ) Aktiv Cek

Gabung di semua grub facebook tentang blogging di atas. Akrabi anggota grub yang lain dan aktivlah di sana. Buat semua penduduk di sana mengenal atau setidaknya mengetahui kerja keras Anda. Sering-seringlah menjawab pertanyaan yang diajukan anggota grub lain. Minta penduduk facebook grub tersebut untuk blogwalking. 

Sebagai catatan, untuk blogwalking, prinsipnya adalah Anda memberi sebelum meminta dan setelah itu saling menghargai. 

12. Jika Anda memiliki modal, Anda bisa mengadakan lomba blog dan bagikan di Facebook

Teknik promosi ini ditujukan bagi Anda yang memiliki modal. Jika Anda memang belum puas dengan cara promosi gratis, Anda bisa membuat lomba blog untuk meningkatkan ketenaran blog Anda. Teknik ini sudah banyak dilakukan oleh banyak blogger baru dan hasilnya memang lumayan memuaskan. 

Selain itu tentukan juga salah satu syarat lomba blog dengan memberikan like fanpage facebook blog Anda. Di samping itu juga Anda juga bisa membagikan info lomba blog tersebut di facebook.

Sperti ini contohnya:




13. Jika Anda memiliki modal, Anda bisa menggunakan layanan promosi Facebook

Jika teknik berbayar di atas tidak juga membuat Anda puas dengan hasilnya, Anda bisa mulai melirik promosi Facebook. Yang ini pastinya akan mengeluarkan lebih banyak dana lagi. 

Dengan layanan promosi Facebook blog Anda akan lebih mudah dikenal dan diketahui oleh target pasar yang benar. 

Anda juga bisa menggunakan #Hashtag atau tagar dan @mention di setiap postingan status Facebook Anda untuk membuat blog Anda cepat terkenal. 

Nah demikianlah 13 Cara Promosi Blog yang Efektif di Facebook. Lakukan teknik di atas secara reguler dan terus-menerus, semoga dengan begitu blog Anda akan semakin terkenal. 

Tapi ingat, ada hal yang lebih penting. Terkadang dunia maya dan dunia nyata itu hampir mirip. Di dunia nyata, semakin Anda akrab dan dikenal selalu memberikan yang terbaik bagi sesama, maka semakin banyak orang yang mempercayai Anda. Begitu juga di dunia maya, semakin Anda akrab dan dikenal selalu membagikan yang terbaik bagi sesama, maka Anda akan semakin sukses menggait pembaca loyal.

Semoga bermanfaat.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Comments
5 Comments

5 comments

Click here for comments
20 August 2015 at 16:24 ×

CTRL + D dulu ya mastah :D

Balas
avatar
admin
22 August 2015 at 11:04 ×

Inspiratif gan, tkcoba lahh

Balas
avatar
admin
22 August 2015 at 13:12 ×

Mantab, boleh dicoba nih

Balas
avatar
admin
23 August 2015 at 06:45 ×

wahhh bagus nih gan biar blog rame

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment