12 Strategi atau Cara Mempromosikan Blog di Twitter



Jika setelah Anda membuat blog dan memposting artikel kemudian Anda duduk santai untuk menunggu pengunjung datang ke blog Anda, maka mulai sekarang Anda harus mengubah kebiasaan itu. Karena pekerjaan blogging belum selesai. 

Jika niat Anda menulis artikel di blog untuk hanya mengungkapkan perasaan Anda maka membuat blog dan memposting beberapa buah artikel sudah cukup buat Anda. Tapi jika Anda ingin mendapatkan lebih dari kepuasan perasaan, maka jangan duduk santai setelah memposting artikel.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Promosikan blog Anda!

Bagaimana orang-orang akan tahu bahwa Anda memiliki artikel super keren jika Anda tidak aktif mempromosikan blog Anda?

Bagaimana cara mempromosikannya?

Nah salah satunya dengan cara berikut!

Pasti Anda sudah tahu Twitter dan menurut perkiraan saya sebagian besar dari kita sudah memiliki akun Twitter. 

Apa saja yang Anda lakukan di Twitter?

Ada banyak pastinya.

Ada kaitannya dengan blogging?

Jika Anda sekarang memiliki blog, Anda harus mulai memanfaatkan Twitter sebagai sarana promosi blog.

Dengan jumlah penggunanya lebih dari 500 juta, Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung dari sana. Tapi jika Anda mempromosikan blog Anda di Twitter secara asal-asalan, maka hal itu dapat dipastikan Anda tidak akan mendapat hasil yang memuaskan. 

Di Twitter, seperti halnya di media sosial lain, Anda harus proaktif dan kreatif. 

Untuk lebih lengkapnya Anda perlu simak 12 strategi berikut.

1. Gunakan kata-kata pendek tapi provokatif

Seperti yang kita tahu, Twitter memang didesain untuk menulis secara singkat. Hanya maksimal 140 karakter setiap cuitan. Karena itu membutuhkan cara penulisan yang menarik agar mendapatkan perhatian dari penguhuni Twitter.

Ketika Anda ingin membagikan link postingan blog Anda ke Twitter, Anda harus kreatif. Buatlah cuitan sependek mungking tapi dapat mengundang perhatian penghuni Twitter. 

Ingat, bahwa saat membagikan link postingan blog, Anda tidak harus selalu mengacu pada judul atau isi postingan yang ingin Anda bagikan. 

Gunakan tulisan yang provokatif.  

2. Masukkan kutipan kata-kata dari postingan Anda

Temukan kata-kata dari postingan blog Anda yang terasa akan menarik jika orang membacanya. Dan jadikan kata-kata itu sebagai cuitan bersamaan Anda membagikan link postingan blog Anda. 

3. Tuliskan data statistik

Banyak orang merasa penasaran dengan data statistik dan akhirnya itu yang membuat orang mau meneruskan membaca. Jadi jika memang Anda memiliki pengetahuan tentang data statistik tentang suatu riset atau yang lain yang berkaitan dengan postingan blog Anda, tak ada salahnya Anda menjadikannya sebagai cuitan bersamaan dengan link postingan blog Anda.

4. Gunakan #hashtag

Hashtag adalah salah satu cara yang ampuh untuk menyebarkan cuitan Anda. Pada dasarnya Hashtag adalah satu atau beberapa kata di belakang tanda # yang biasanya akan menjadi tren pembicaraan di Twitter.

Dengan menggunakan Hashtag, cuitan Anda akan menyebar tidak hanya ke seluruh follower Anda tetapi juga ke pengguna Twitter yang lain. Syukur-syukur jika Hashtag yang Anda buat menjadi salah satu tranding news di Twitter, Anda bakal mendapatkan backlink yang sangat banyak.

5. Gunakan @mention

Salah satu cara membuat cuitan Anda dilihat banyak orang adalah dengan menggunakan @mention. Secara sederhana @mention adalah memberikan kesadaran pengguna Twitter lain tentang keberadaan Anda. Jadi jika Anda memposting cuitan Anda dibarengi Anda me-mention pengguna Twitter lain yang Anda tahu, maka orang tersebut akan lebih mudah mengetahui cuitan Anda.

Karena itu jika Anda akan memposting cuitan link postingan Anda, ada baiknya Anda me-mention beberapa nama tenar, agar mereka juga mengetahui cuitan Anda. Tapi hal ini dengan syarat Anda harus lebih dulu menjalin keakraban dengan nama-nama pengguna Twitter yang telah terkenal memiliki ribuah atau jutaan follower. Anda harus sering-sering meretweet cuitan mereka dan semisalnya. 

Karena jika Anda telah berhasil mengambil hati nama-nama pengguna Twitter yang terkenal itu, Anda akan lebih mudah mendapatkan backlink. Sebab jika Anda me-mention mereka dalam cuitan link postingan blog Anda, maka dapat dipastikan cuitan tersebut akan diketahui oleh para follower mereka dan akhirnya Anda juga akan mendapat backlink. 

6. Retweet postingan blog Anda yang telah ditweet seseorang

Jika ada seseorang mentweet postingan blog Anda, maka ada baiknya ada meretweet cuitan itu. 

7. Mintalah meretweet cuitan Anda

Anda juga bisa meminta secara langsung kepada follower Anda untuk meretweet cuitan Anda agar mendapatkan trafik yang lebih banyak ke blog Anda.

8. Gunakan gambar yang menarik

Untuk mmebangun ketertarikan para pengguna Twiiter lain dengan cuitan Anda, Anda bisa menambahkan gambar yang menarik dan bisa menumbuhkan perasaan wah atau penasaran. 

9. Gunakan cuitan yang berupa pertanyaan 

Gunakan cuitan yang berupa pertanyaan yang berkaitan dengan postingan blog Anda. Jika postingan blog Anda tentang tutorial, cara ini sangat cocok untuk dilakukan. Tulis pertanyaan yang menyinggung permasalahan yang mungkin dialami orang-orang dan pembaca cuitan Anda bisa memperoleh jawabannya di link postingan blog Anda sebarkan.


Susah membuat blog yang menghasilkan uang? Temukan jawabannya di sini.


10. Jika Anda memiliki modal, Anda bisa membuat lomba blog dan bagikan di Twitter

Cara ini sudah sering dilakukan oleh startup-startup baru yang menginginkan follower mereka cepat banyak. Dengan mengadakan lomba menulis di blog dan semisalnya yang salah satu syaratnya adalah memfollow akun Twitter startup yang mengadakan lomba. 

11. Jika Anda memiliki modal, Anda bisa menggunakan layanan promosi Twitter

Nah, seperti yang Anda ketahui, cara ini bisa dilakukan jika memang Anda memiliki modal untuk membuat promosi berbayar di Twitter. 

Dengan menggunakan jasa ini, promosi blog Anda tidak akan hanya tampil di newsfeed follower Anda, tetapi juga akan muncul di semua target pasar Anda. 

12. Letakkan link blog Anda di biodata diri

Biodata Twitter Anda adalah tampilan yang dapat dilihat oleh pengguna Twitter lain jika mereka mengunjungi akun Twitter Anda. Nah jangan lewatkan kesempatan untuk menuliskan link blog Anda di sana secara menarik dan profesional. 

Nah demikianlah 12 Strategi Mempromosikan Blog di Twitter. Semoga dengan melakukan strategi di atas, blog Anda akan segera dikenal banyak orang.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Comments
0 Comments
Thanks for your comment