11 Tips dan Cara Menulis Artikel Blog atau Web yang Baik


Bagaimana sobat masih semangat menulis? Masih semangat membuat postingan di blog atau web?

Sudah banyak berbagi manfaat kepada pembaca? Sudah bisa membuat pembaca kepincut dengan tulisan sobat?

Pasi sudah kan...

Jika belum mari simak penjelasan berikut.

Inti dari membuat blog atau web adalah kita membuat konten atau artikel yang menarik supaya banyak orang membacanya.

Kabar kurang sedapnya adalah membaca tulisan di layar baik komputer, laptop, maupun gadget membutuhkan lebih banyak waktu ketimbang membaca tulisan di kertas. Di samping itu, membaca di layar juga lebih cepat membuat mata lelah. Sementara begitu banyak bacaan yang ada di internet.

Masalah lain adalah kita sebagai penulis blog atau web menginginkan tulisan kita dibaca hingga selesai. Sementara bagi pembaca, mereka ingin membaca tulisan yang mereka anggap penting, sehingga mereka rela meluangkan waktu berjam-jam untuk membaca sebuah tulisan dan tak ingin melewatkan satu informasi pun.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar tulisan kita baik sehingga diminati pembaca hingga pembaca tidak ingin melewatkan satu informasi pun dari tulisan yang telah kita tulis?

Secara khusus memang ada cara-cara tertentu untuk membuat tulisan di berbagai niche, tapi tidak ada salahnya Anda menerapkan tips berikut agar tulisan anda tidak hanya diminati pembaca tetapi juga disimpan sehingga akan mereka baca berulang-ulang.

Berikut 11 Tips Menulis Artikel Blog atau Web yang Baik

1. Caper alias cari perhatian

Caper atau cari perhatian dalam tulisan itu penting untuk memperoleh perhatian lebih dari para pembaca dan membuat imej tulisan kita lebih spesial ketimbang ribuan tulisan lain yang ada di internet.

Untuk itu Anda bisa mulai memoles JUDUL Anda agar lebih memikat. Buatlah judul semenarik mungkin sehingga pembaca ingin membagikan tulisan Anda. Di samping juga tetap memperhatikan keywords atau kata kunci untuk search engines (mesin pencari).

Salah satunya adalah dengan membuat judul yang lebih deskriptif dan informatif.

Bagaimana caranya?

Perhatikan dua contoh judul di bawah ini.

6 Alasan Mengapa Dia yang Selalu Mau Belajar Lebih Disukai Daripada Dia yang Hanya Sekadar Pintar

Dia yang Hanya Sekadar Pintar

Mana yang akan Anda klik dari dua judul di atas?

Atau judul yang mana yang lebih menyita perhatian Anda?

Pastinya yang pertama, karena judul pertama lebih jelas dan lebih banyak informasi yang kita dapat. Hal ini wajar karena pembaca menginginkan membaca artikel yang akan memberikan informasi yang jelas dan sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Sehingga mereka menjadi butuh untuk membaca.

Sementara kita lihat judul kedua lebih filosofis dan multi tafsir. Kita perlu menerka-nerka yang tak pasti tentang tulisan apa yang ada dengan judul semacam itu. Bisa saja kita mengira itu judul cerpen atau tulisan fiksi lain.

Karena itu buatlah judul yang lebih deskriptif dan informatif.

2. Tu de poin alias jangan banyak basa-basi

Buatlah tulisan ringkas tapi tidak dangkal. Artinya meski kita menulis sebuah tulisan yang sangat panjang, tetapi kita memasukkan informasi penting yang sangat banyak di dalam tulisan tersebut, sehingga pembaca tidak ingin melewatkan satu informasi pun.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi penyataan basa basi.

Pembaca itu menginginkan apa yang mereka ingin tahu atau ingin mereka pelajari, bukan pejelasan tak penting.

3. Perhatikan spasi

Sudah dapat dipastikan jika Anda sebagai pembaca membaca sebuah tulisan yang memiliki spasi sangat rapat. Jarak antara kalimat pertama dengan kalimat yang ada di bawahnya sangat rapat. Atau jarak antara paragraf satu dengan paragraf berikutnya tidak ada. Maka Anda akan merasa tidak nyaman membaca tulisan itu.

Karena itu, buatlah spasi senormal dan senyaman mungkin.

4. Libatkan pembaca

Pastikan Anda menjadikan pembaca Anda sebagai patner yang sangat penting bagi Anda. Ibaratkan mereka sebagai raja yang sedang menikmati jamuan Anda. Dengan begitu Anda akan bisa membuat pembaca seperti di rumah sendiri.

Karena itu libatkan mereka di dalam tulisan Anda. Gunakan kata-kata sapaan seperti Anda, sobat, dan semisalnya. Sehingga tulisan Anda lebih terkesan friendly atau bersahabat.

Hal ini juga bisa dilakukan melalui kolom komentar. Buat mereka nyaman dengan respon Anda dari komentar yang telah mereka berikan atas tulisan Anda. Gunakan kata-kata yang bersahabat.

5. Jadilah diri sendiri

Menulislah sebagai manusia bukan sebagai produsen informasi. Jika Anda menulis sebagai produsen informasi, tulisan yang Anda tulis hanya akan berupa informasi. Dan setelah pembaca mendapat informasi, mereka akan pulang. Tapi jika Anda menulis sebagai manusia yang memiliki hati Anda akan mampu menggait atensi mereka karena Anda dapat memasukkan unsur-usur kemanusiaan dalam tulisan Anda. Anda bisa melihat blog mas sugeng untuk contoh.

Hal itu dapat Anda lakukan dengan cara memberikan pengalaman Anda dalam suatu permasalahan. Kemudian Anda mengungkapkan pendapat-pendapat pribadi Anda. Sehingga pembaca akan merasa membaca sebuah tulisan yang ditulis manusia bukan robot.

Karena itu...

Menulilslah untuk berbagi dengan pembaca Anda bukan hanya untuk mesin pencari. Anda boleh saja menulis untuk nampang di halaman pertama mesin pencari, namun tetap pastikan Anda menulis dari hati untuk pembaca Anda.

6. Menulislah dengan bahasa populer

Menulislah dengan bahasa yang dapat dimengerti banyak orang dari segala kelas, entah kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, atau pun kelas tinggi. Hehe. Dengan begitu tulisan Anda tidak hanya seolah ditujujukan bagi kalangan tertentu.

Tunjukkan bahwa tulisan Anda adalah tulisan universal dan semua orang pantas dan perlu membacanya.

7. Menulislah seperti ngomong dengan orang

Inilah yang penting, setelah tulisan Anda menggunakan bahasa populer, Anda harus menulis seperti ketika Anda ngobrol dengan orang. Mengalir.... Begitu saja. Jadikan tulisan Anda sebagai obrolan santai dengan pembaca Anda.

8. Menulislah dengan kalimat dan paragraf pendek

Membaca sebuah tulisan dengan kalimat dan paragraf yang panjang akan membuat sulit bagi pembaca memahami inti sebuah tulisan. Jika sebuah tulisan sangat sulit dipahami bukan tak mungkin pembaca akan segera menggeser kursor ke area close tab atau window dan segera menutup tulisan Anda.

Karena itu kenyamanan dalam membaca juga harus sangat diperhatikan untuk membuat pembaca betah membaca tulisan Anda. Tulislah kalimat yang tidak terlalu panjang dan minimalkan penggunaan anak kalimat yang berfungsi sebagai keterangan.

Atur paragraf Anda seringkas mungkin, yang terdiri atas dua sampai lima baris, sehingga pembaca akan tetap nyaman membaca sekaligus memahami tulisan Anda.

9. Perhatikan ukuran huruf/font

Jangan sepelekan ukuran huruf yang Anda gunakan. Jika ukuran huruf yang Anda gunakan terlalu kecil sehingga membuat pembaca Anda cepat lelah, hal itu hanya akan membuat tulisan Anda membosankan di mata pembaca, meski sesungguhnya konten yang Anda sajikan sangat berkualitas.

10. Gunakan ilustrasi gambar

Untuk membuat pembaca Anda tertarik, di samping Anda bisa mempercantik tulisan, Anda juga juga bisa menambahkan berbagai ilustrasi gambar yang RELEVAN dan MENARIK dalam tulisan Anda. Hal ini akan memberikan nilai lebih untuk tulisan Anda di hati para mpembaca.

Bahkan bila memang mampu, tambahkan grafik-grafik yang elegan dengan data-data otentik, sehingga membuat tulisan Anda dipandang sebagai tulisan yang tidak main-main, meski disajikan dengan bahasa santai.

Baca juga: 20 Tool Gratis Untuk Membuat Ilustrasi Gambar di Postingan Semakin Keren

11. Perhatikan kualitas di atas kuantitas

Selalu pastikan bahwa tulisan yang Anda bagikan kepada pembaca adalah tulisan yang berkualitas. Memang benar banyaknya posting di blog atau web akan membuat pembaca tertarik, tapi jika semua tulisannya tidak berkualitas dan ditulis asal-asalan apalagi banyak persamaan dengan blog atau web lain alias copas, bukan tak mungkin pembaca Anda akan segera kabur meninggalkan blog atau web Anda.

Tidak mengapa membuat satu tulisan yang membutuhkan waktu lama hingga berhari-hari, tapi berkualitas tinggi. Daripada membuat tulisan buaanyak dalam waktu singkat, tapi semuanya rendahan.

Demikian artikel 11 Tips Menulis Artikel Blog atau Web yang Baik

Tips di atas memang bukan acuan pasti ketika Anda ingin menulis artikel di blog atau web Anda. Tapi setidaknya artikel ini bisa Anda jadikan panduan sederhana ketika Anda ingin menulis artikel di blog atau web.

Sebenarnya saya juga masih belajar bagaimana cara menulis artikel di blog atau web yang baik, karena itu jika ada saran atau kritik atau pertanyaan lain, saya tunggu di kolom komentar ya.... 

Mari sama-sama belajar dan berbagi.

Semoga bermanfaat...

Selamat menulis!
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Comments
4 Comments

4 comments

Click here for comments
9 August 2015 at 14:12 ×

wah penting nih gan..
kunjungi balik ya : http://www.caridatu.com/

Balas
avatar
admin
17 August 2015 at 20:23 ×

Mantap nih tipsnya...
Sangat bermanfaat ga...

Balas
avatar
admin
18 August 2015 at 15:21 ×

Wah pantas artikel saya jarang muncul di mesin pencari .. Ijin coba gan, oh iya thanks infonya (y)

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment