4 Cara Aneh Menemukan Inspirasi Menulis (Motivasi Menulis)


Menemukan inspirasi untuk menulis terkadang menjadi hal sulit bagi banyak penulis. Terlebih jika telah berpikir tak ada lagi ide yang perlu ditulis, karena semuanya telah ditulis.

Di saat seperti itu, biasanya kita hanya akan duduk di hadapan laptop selama berjam-jam dan mungkin hanya ada sebuah paragraf mini yang terdiri atas dua kalimat tak utuh. 

Dan yang lebih mengerikan dari semua itu adalah lembar kerja itu hanya kosong melompong. Tidaaak....!!!

Jika sobat mengalami peristiwa menyebalkan seperti itu, apa yang sobat lakukan?

Mematikan laptop lalu bergi keluar untuk jalan-jalan?

Membaca buku?

Atau terus berusaha menulis?

Mungkin semua dari ketiga opsi di atas bisa sobat lakukan.

Tapi pernahkah terpikir oleh sobat untuk melakukan 4 hal berikut:

1. Pindah tempat

Bosan dengan tampilan ruangan kerja memang bisa saja terjadi. Dan hal itu juga dapat mengakibatkan inspirasi tidak kunjung muncul. Karena itu pindah tempat atau mengungsi ke ruangan lain akan membuat inspirasi itu tiba-tiba datang.

Misalkan jika sobat sudah bosan dengan ruangan kerja di dalam rumah, mungkin sobat bisa membawa laptop sobat ke halaman depan rumah atau taman belakang rumah. Sehingga mata sobat dapat melihat pemandangan sekitar yang sejuk. 

Dan akhirnya bisa membuat pikiran sobat kembali segar hingga keluarlah ide-ide cemerlang menjadi tulisan-tulisan hebat...

2. Menulis dari bawah

Daripada sobat bingung karena lembar kerja sobat tetap kosong selama berjam-jam dan sobat tetap bingung kalimat apa yang pantas sobat tuliskan di paragraf pertama, ada baiknya sobat menulis dari bawah. 

Sobat bisa menuliskan kesimpulan terlebih dahulu sebelum memulai menulis paragraf pembukaan di awal. 

Karena terkadang sebagai penulis, kita lebih memahami kesimpulan dari ide yang ada di pikiran kita daripada keterangan penjelas yang mengarah pada kesimpulan. 

Penjelas-penjelas semacam itulah yang biasanya menghambat ide utama keluar.

3. Jadi kuno lagi

Setelah berjam-jam duduk di hadapan laptop dan tidak mendapat inspirasi untuk menulis, mungkin sobat perlu mengganti laptop sobat dengan perangkat yang lebih jadul, yaitu pulpen dan kertas. Ya. sobat bisa mulai menulis menggunakan tangan.

Bisa jadi menulis menggunakan pulpen dan kertas akan membuat ide-ide cemerlang lancar ditulis. Dengan begitu mungkin sobat juga bisa mengingat masa lalu. 

4. Suap diri Anda

Jam demi jam berganti sementara lembar kerja sobat tetap berupa sebuah lembar putih, pasti hal ini sangat membosankan. Mungkin sejenak sobat bisa memikirkan hal lain, seperti melakukan kegiatan yang Anda sukai. Jalan-jalan, liburan, beli makanan yang enak dsb.

Eits... Tapi sebelum sobat beranjak dari tempat duduk, sobat buat komitmen dulu dengan diri sobat sendiri bahwa setelah tulisan ini selesai sobat akan menyenangkan diri sobat sendiri. Atau bahasa anarkisnya suap diri Anda. Atau bahasa aslinya beri upah diri Anda.

Dengan mengiming-imingi sesuatu yang menyenangkan kepada diri sendiri, mungkin akan ada dorongan aneh yang membuat inspirasi tiba-tiba datang.

demikianlah 4 cara aneh menemukan inspirasi menulis.

Jika ada cara-cara aneh lain untuk mendatangkan inspirasi atau ada saran, kritik atau pertanyaan lain, saya tunggu di kolom komentar ya....

Mari sama-sama belajar dan berbagi.

Semoga bermanfaat...

Selamat menulis!

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Comments
0 Comments
Thanks for your comment